Rabu, 30 Maret 2011

REPRESENTASI PENGETAHUAN

Robot dan Komputasi Bergerak

Pengetahuan (Knowledge) :
• Definisi umum : fakta atau kondisi sesuatu atau keadaan yang timbul karena suatu pengalaman.
• Cabang ilmu filsafat, yaitu Epistemology, berkenaan dengan sifat, struktur dan keaslian dari knowledge.
• Priori Knowledge
- Berarti yang mendahului (pengetahuan datang sebelumnya dan bebas dari arti)
- Kebenaran yang universal dan tidak dapat disangkal tanpa kontradiksi
- Contoh : pernyataan logika, hukum matematika
• Posteriori Knowledge
- Knowledge yang diturunkan dari akal pikiran yang sehat.
- Kebenaran atau kesalahan dapat dibuktikan dengan menggunakan pengalaman akal sehat.
- Contoh : bola mata seseorang berwarna biru, tetapi ketika orang tersebut mengganti contact lens-nya, bisa jadi bola matanya menjadi berwarna hijau.

• Kategori Knowledge :
o Procedural Knowledge
Bagaimana melakukan sesuatu
o Declarative Knowledge
Mengetahui sesuatu itu benar atau salah
o Tacit Knowledge
Tidak dapat diungkapkan dengan bahasa

• Knowledge pada ES
Analogi dengan ekpresi klasik Wirth :
ALGORITMA + STRUKTUR DATA = PROGRAM
Knowledge pada ES :
KNOWLEDGE + INFERENSI = ES

• Hirarki Knowledge

- Noise : data yang masih kabur
- Data : hal yang paling potensial
- Informasi : data yang telah diproses
- Knowledge : informasi yang sangat khusus
- Meta knowledge : knowledge dan keahlian
• Teknik Representasi Pengetahuan :
1) Aturan Produksi
2) Jaringan Semantik
3) Frame
4)

1. Aturan Produksi
- sering digunakan untuk merepresentasikan pengetahuan pada ES
- bentuk formalnya Backus-Naus Form (BNF)
 metalanguange untuk mendefinisikan sintaks bahasa
 suatu grammar haruslah lengkap dan unambiguous set dari aturan produksi untuk bahasa yang spesifik
 parse tree adalah representasi grafis dari kalimat pada suatu bahasa
 deskripsi sintaks tersedia dalam bahasa
 tidak semua kalimat adalah benar

- Contoh :
::=
dimana,
• < .. > dan ::= adalah symbol metalanguange.
• ::= artinya “ditentukan sebagai” yang dalam
BNF ekuivalen dengan .
• Term di dalam kurung disebut symbol Nonterminal, yang masih bisa direpresentasikan ke dalam bentuk lebih sederhana lagi.
• Nonterminal yang tidak dapat disederhanakan lagi disebut Terminal.

 Robot Mobile | Robot Jaringan | Robot Manipulator
 menggunakan roda | menggunakan jaringan internet | mempunyai tangan
 penelitian robot | penjinak bom | memindahkan barang

Produksinya : ……
- Robot Mobile menggunakan roda digunakan untuk penelitian robot
- Robot Jaringan menggunakan jaringan internet digunakan untuk penjinak bom
- Robot Manipulator mempunyai tangan digunakan untuk memindahkan barang dst…..

Keuntungan Aturan Produksi :
• sederhana dan mudah dipahami
• implementasi secara straightforward sangat dimungkinkan dalam computer
• dasar bagi berbagai variant
Kelemahan Aturan Produksi :
• implementasi yang sederhana sering menyebabkan inefisien
• beberapa tipe pengetahuan sulit direpresentasikan dalam aturan produksi

2. Jaringan Semantik

- Dibangun oleh M.R.Quillian, sebagai model memori manusia.
- Representasi grafis dari informasi Propositional.
- Proposisi adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah.
- Disajikan dalam bentuk graf berarah
- Node merepresentasikan konsep, objek atau situasi :
• Label ditunjukkan melalui penamaan
• Node dapat berupa objek tunggal atau kelas
- Links merepresentasikan suatu hubungan :
• Links adalah struktur dasar untuk pengorganisasian pengetahuan
• Contoh jaringan semantic.

Keterangan : is a = adalah
shape = berbentuk
consists of = terdiri dari
programmed = diprogram


3. Frame

Frame (Minsky, 1975) dipandang sebagai struktur data static yang digunakan untuk merepsentasi-kan situasi-situasi yang telah dipahami dan stereotype.
Frame digunakan untuk merepresentasikan pengetahuan stereotype atau pengetahuan yang didasarkan kepada karakteristik yang sudah dikenal yang merupakan pengalaman
masa lalu.
Frame berupa kumpulan slot-slot (representasi entitas sebagai struktru objek) yang merupakan atribut untuk mendeskripsikan pengetahuan berupa kejadian, lokasi, situasi ataupun elemen-elemen lain. Frame digunakan untuk representasi pengetahuan deklaratif.

Contoh: Deskripsi frame untuk robot

Setiap frame individual dapat dipandang sebagai struktur data yang mirip record, berisi informasi yang relevan dengan entitas-entitas stereotype. Slot-slot dalam frame dapat berisi :
– Informasi identifikasi frame
– Hubungan frame dengan frame lain
– Penggambaran persyaratan yang dibutuhkan frame
– Informasi procedural untuk menggunakan struktur yang digambarkan
– Informasi default frame
– Informasi terbaru

4. Script
Represent asi Penget ahu
Pengant ar Kecerdasan Buat an (AK012217)
• Script (Schank & Abelson, Yale univ) merupakan representasi terstruktur yang menggambarkan urutan stereotip dari kejadian-kejadian dalam sebuah konteks khusus.
• Script mirip dengan frame, perbedaannya : Frame menggambarkan objek, sedangkan Script
menggambarkan urutan peristiwa.
• Dalam menggambarkan urutan peristiwa, script menggunakan serangkaian slot yang berisi
informasi tentang orang, objek dan tindakan-tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa.
Elemen script yang tipikal :
– Kondisi masukan : menggambarkan situasi yang harus dipenuhi sebelum terjadi suatu peristiwa yang ada dalam script.
– Prop : mengacu kepada objek yang digunakan dalam urutan peristiwa yang terjadi.
– Role : mengacu kepada orang-orang yang terlibat dalam script.
– Hasil : kondisi yang ada sesudah peristiwa dalam script berlangsung.
– Track : mengacu kepada variasi yang mungkin terjadi dalam script tertentu.
– Scene : menggambarkan urutan peristiwa aktural yang terjadi.

Contoh script memadamkan api
Script Robot Pemadam Kebakaran
Jalur (track) : lokasi kebakaran
Peran (roles) : user, robot
Pendukung (prop) : air, sensor, tombol on/off, dll
Kondisi masukan : suhu panas – sensor mendeteksi suhu

Adegan (scene) 1 : Nyalakan robot
- Cari tombol on/off
- Geser tombol ke kondisi on
Adegan (scene) 2 : Deteksi suhu
- Sensor mendeteksi suhu panas
- Sensor memberikan masukan pada mikrokontroler
- Minkrokontroler merespon masukan

Adegan (scene) 3 : padamkan api
- Robot mendekati api sampai jarak aman
- Robot menyemprotkan air

Adegan (scene) 4 : matikan robot
- Cari tombol on/off
- Geser tombol ke kondisi off

Hasil :
- Api padam

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger